Monday, July 20, 2009

Camcorder (Camera Recorder)

Saat ini terdapat 4 jenis kamera video atau Camera Recorder (Camcorder) atau populer disebut Handycam, digolongkan dari jenis media penyimpanannya, yaitu : harddisk drive (HDD), memory card (kartu memori), DVD dan Mini DV tape. Masing-masing jenis mempunyai kelebihan tersendiri.

Camcorder dengan media harddisk drive mempunyai kapasitas penyimpanan yang terbesar, yaitu sampai 80 gigabytes atau setara 20 jam untuk high quality (HQ) video. Sedangkan untuk video kualitas rendah bisa menyimpan sampai 61 jam! Pemindahan data dari HDD ke komputer dapat dilakukan dengan mudah.

Sedangkan camcorder dengan media memory card mempunyai kapasitas penyimpanan maksimum sesuai dengan kapasitas memory card yang terpasang. Kapasitas maksimum memory card saat ini adalah 16 gigabytes atau setara 3,5 jam video kualitas tinggi, atau setara dengan 11 jam video kualitas rendah.

Kelebihan memory card adalah bentuknya yang kecil dan tipis, serta dapat diganti-ganti sesuai dengan jumlah kartu yang dimiliki. Pemakai juga dapat memilih kapsitas memori card sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, yaitu 4 GB, 8 GB atau 16 GB. Pemindahan data dari kartu memory ke komputer juga dapat dilakukan dengan mudah.

Camcorder dengan media memori DVD menggunakan keping DVD ukuran 8 cm. Video langsung direkam pada keping DVD dengan kapasitas 1,4 gigabytes untuk single sided dan kapasitas 2,6 gigabytes untuk yang double sided. Data dari DVD dapat langsung dipindahkan ke komputer dengan mudah.

Pada DVD single sided waktu perekaman maksimum adalah 20 menit untuk video kualitas tinggi dan 60 menit untuk video kualitas rendah. Pada DVD double sided waktu perekaman dapat mencapai 40 menit untuk video kulaitas tinggi dan 120 menit untuk video kualitas rendah. Karena kapasitasnya terhitung paling rendah, maka camcorder jenis ini memerlukan banyak persediaan DVD 8 cm agar pemakainya dapat merekam cukup lama. Sedangkan DVD yang digunakan dapat berjenis DVD+R DL, DVD+RW, DVD-RW atau DVD-R.

Camcorder dengan media penyimpanan MiniDV Tape adalah jenis yang paling lama dijual dipasaran. Kapasitas perekaman video sesuai dengan kapasitas miniDV tape yang dibeli, yaitu 60 menit, 90 menit atau 120 menit. Pemindahan data dari tape ke komputer memerlukan cara video streaming dari handycam ke komputer. Pemilik camcorder jenis ini juga harus menyediakan cukup banyak tape sesuai keperluan.

Harga DVD 8 cm dan MiniDV Tape adalah yang paling murah perbuahnya. Sedangkan memory card tentu saja yang paling mahal. Jika menggunakan harddisk, tidak ada biaya tambahan untuk media penyimpanan. Sedangkan harga camcordernya tergantung dari kemampuan atau featurenya. Umumnya camcorder jenis MiniDV atau DVD lebih murah, sedangkan jenis memory card agak lebih mahal. Sedangankan yang pailing mahal adalah jenis HDD.

1 comment:

FLASH said...

mbah brontomoyo.. opo sampeyan iseh inget ndak karo aku, cah blitung 3B. Piye kabare mas, aku dapet info dari mr.Harvey Holaeleo sampeyan aktif di pesbuker.. mbok ya accept request bojoku, ono foto anakku sing cilik.
Piye kabare mas Gurnamsigh..?