Tuesday, September 26, 2017

Bekerja Dengan Menggunakan Google Keep

Ide dari sebuah pemikiran dapat muncul sewaktu waktu. Saat itulah kita perlu menyimpan dalam catatan secara langsung. Jika kita tidak segera mencatatnya, maka mungkin ide atau pemikiran itu akan terlewatkan. Inilah konsep dasar dari aplikasi KEEP dari Google.

Kita terbiasa mencatat secara tradisional, yaitu dengan menggunakan kertas atau buku catatan dengan alat tulisnya. Ketika era digital tiba, kita berubah mencatatnya pada sebuah file elektronik komputer sehingga mudah dibagikan (sharing) sesuai keperluan. Sharing dapat dilakukan dengan menggunakan media penyimpanan seperti flashdisk atau compact disc (CD), atau melalui aplikasi email dan transfer data lainnya.

Aplikasi KEEP menawarkan penyimpanan catatan pada kapasitas penyimpanan yang disediakan melalui google account kita. Kita dapat menyimpan dalam berbentuk-bentuk  :
  • Catatan biasa (note)
  • Catatan daftar kegiatan (task list)
  • Catatan gambar atau tulisan tangan (handwriting) berwarna
  • Foto atau citra image
  • Rekaman Audio
Catatan akan disimpan dalam bentuk kliping-kliping yang menarik. Beberapa catatan yang kita pilih dapat ditampilkan pada widget handphone atau tablet untuk dapat selalu kita lihat tanpa harus membuka aplikasi. 

Aplikasi KEEP dapat kita install pada handhopne atau tablet dengan sistem operasi Android. Jika kita mempunyai lebih dari satu gadget handphone atau tablet Android, maka kita dapat bekerja dengan KEEP dimanapun aplikasi itu diinstall. Hal itu dimungkinkan karena setiap update di aplikasi keep akan selalu disinkronkan (online) pada seluruh gadget dimana aplikasi diinstall dengan menggunakan google account yang sama.

Apabila  kita ingin menggunakan KEEP pada saat bekerja dengan komputer personal, kita dapat membukanya melalui alamat : https://keep.google.com untuk web versionnya. Update pada KEEP dengan web version ini juga akan selalu disinkronkan (online) dengan KEEP pada gadget lainnya.


No comments: