Thursday, November 2, 2006

Penerapan IT dibidang Konstruksi-Transportasi

Teknologi informasi adalah pengetahuan yang selalu menarik minat saya. Sejak saya mulai kuliah, saya sangat senang dengan benda yang bernama 'personal computer'. Walaupun saat itu saya bersekolah di jurusan teknik sipil, tetapi saya selalu mengalokasikan waktu untuk mengutak-atik komputer.

Setelah selesai sekolah, saya masih terus giat menyebarkan 'angin' teknologi informasi di kantor. Lantas bagaimana rasanya menyebarkan teknologi informasi disebuah perusahaan yang berbasis teknologi konstruksi dan dipenuhi para insinyur teknik sipil? Saya dapat katakan, rasanya 'luar biasa'. Setiap hari adalah hari-hari yang sangat 'menantang'.

Sebenarnya penerapan teknologi informasi di bidang jalan raya sudah banyak dilakukan di negara-negara maju. Intelligent Transport System (ITS) adalah contohnya. Sistem ini merupakan penerapan teknologi komputer, elektronika dan telekomunikasi pada sistem transportasi untuk meningkatkan kapasitas, keamanan, kenyamanan, keselamatan dan mengurangi polusi lingkungan. Traffic Control System dan Electronic Toll Collection adalah sebagian dari ITS.

Penerapan Intelligent Transport System di Indonesia, memang terasa masih jauh bagi negara berkembang seperti Indonesia. Tetapi paling tidak di Indonesia sudah dimulai dengan pemasangan CCTV atau kamera video di jalan raya oleh instansi-instansi pemerintah di bidang transportasi. Kamera-kamera ini nantinya berpotensi untuk dikembangkan sebagai Traffic Control System.

1 comment:

Anonymous said...

Menarik sekali Pak.Oh ya, apakah Bapak tahu dimana saya bisa baca banyak referensi (disain/arsitektur,teknologi, dan implementasi) tentang penerapan CCTV pada lalu lintas kota?

Salam