Friday, December 22, 2006

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Istilah “Teknologi Informasi” saat ini lebih dikenal di masyarakat dibandingkan istilah “Sistem Informasi”. Teknologi Informasi sering diartikan sebagai hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Sedangkan Sistem Informasi, kurang populer dan sering dianggap sama dengan teknologi informasi, yaitu berarti juga hal-hal yang berhubungan dengan komputer.

Hal ini tidak sepenuhnya salah. Pada era modern ini, baik sistem informasi maupun teknologi informasi selalu berbasis komputer. Sukar untuk dibayangkan adalanya suatu sistem informasi tanpa berbasis komputer pada masa sekarang ini.

Padahal sistem informasi adalah sistem yang diterapkan untuk mengolah atau memproses informasi. Sedangkan teknologi informasi adalah teknologi yang dipergunakan pada sistem informasi untuk mengolah informasi. Teknologi informasi merupakan salah satu elemen pada sistem informasi. Komputer adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengolah sistem informasi.

Seorang yang mempunyai keahlian di bidang sistem informasi, sering disalah artikan sebagai ahli komputer. Akibatnya banyak pertanyaan dari lingkungan kerja atau kerabatnya tentang seputar komputer.
Mulai dari masalah hardware, software, networking atau programming sampai ke masalah kerusakan komputer.

Sulit juga menjelaskan bahwa seorang ahli sistem informasi, tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang hal-hal tersebut. Karena itu, apa boleh buat, di lingkungan kerjanya terkadang seorang ahli sistem informasi terpaksa mendalami hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Kecuali kalau sudah benar-benar jauh dari bidang keilmuannya, barulah “sang pasien” disarankan untuk menghubungi spesialis yang dibutuhkan.

No comments: