Thursday, January 11, 2007

iPhone


Harian Bisnis Indonesia tanggal 11 Januari 2007 memberitakan tentang Apple Computer Inc yang meluncurkan produk barunya iPhone. Steve Jobs sang CEO memperkenalkan produk barunya itu pada acara pertemuan tahunan 'MacWorld Conference and Expo' di San Francisco USA.

Produk iPhone selain berfungsi sebagai telepon seluler, juga dilengkapi dengan pemutar musik digital sebagaimana iPod, produk Apple sebelumnya. Selain itu perangkat ini memiliki layar sentuh dan dapat digunakan untuk selancar di internet serta mengakses e-mail. Fasilitas lainnya adalah Wi-Fi, bluetooth dan GPS (Global Positioning System)

Produk iPhone dengan kapasitas 4 gigabyte akan di jual dengan harga USD 499 dipasar USA, sedangkan yang berkapasitas 8 gigabyte akan dijual seharga USD 599.

Tampaknya Apple Computer Inc mulai melangkah masuk ke pasar produk yang sama dengan produk-produk dari Nokia, Sonny Ericsson, O2, Dopod ataupun Hewlett Packard. Terlihat dari fungsi-fungsi yang ditawarkan, produk iPod ini sejenis dengan produk PDA-phone atau smart-phone lainnya.

Mampukah produk dari Apple ini bersaing dengan merek lainnya yang sudah lebih dulu menguasai pasar? Kelihatannya Apple bermaksud memanfaatkan dominasinya dibidang perangkat pemutar multimedianya, yaitu iPod. Apple dapat berharap para pemakai iPod yang setia, akan lebih memilih iPod yang bisa digunakan untuk telekomunikasi.

Selain itu pasti ada alasan kuat, mengapa Apple masuk ke pasar ini. Trend perkembangan handphone yang juga dapat berfungsi sebagai PDA atau alat pemutar multimedia dapat mengancam pemasaran iPod. Jika setiap handphone sudah dilengkapi pemutar multimedia, kemungkinan besar iPod yang hanya melulu alat pemutar multimedia akan ditinggalkan penggemarnya.

Jadi, inilah langkah antisipasi yang dibuat Apple Computer Inc untuk mengamankan produk iPod nya. ( gambar dari http://www.apple.com )

1 comment:

Anonymous said...

Apapun yg diproduksi Apple, pastilah akan memberi kepuasan yg sangat besar bagi konsumennya. Apa sudah dijual di tanah air kita ya iPhone ini?