Tuesday, June 12, 2007

Budaya Flashdisk

Empat tahun yang lalu masih banyak pemakai komputer belum mengetahui adanya media penyimpan data berjenis flasdisk. Saat itu floppy-diskette 1,44 MB masih umum dipergunakan. Saya masih ingat ketika membeli Flashdisk merk twinmos berkapasitas 32 MB dan mempamerkannya kepada teman-teman di kantor. Hampir semua teman terpesona dengan benda yang saya katakan mempunyai kapasitas setara dengan 20 buah floppy diskette. Saat itu tidak semua komputer di kantor saya mempunyai koneksi USB.
Saat ini flashdisk telah umum dipergunakan di kantor saya. Hampir semua karyawan di berbagai golongan jabatan mempunyai flashdisk. Kapasitasnya bermacam-macam, yang paling rendah 512 MB dan rata-rata menggunakan yang 1 GB. Beberapa teman bahkan mempunyai flashdisk berkapasitas 2 GB dan 8 GB.
Sebagian teman yang beruntung mempunyai flashdisk yang dibelikan oleh kantor, alias barang inventaris kantor. Sebagian besar lainnya membeli flashdisk dengan uang pribadi, walaupun penggunaannya untuk keperluan kantor.
Membawa-bawa flashdisk menjadi budaya yang trend di kantor. Bertukar data menjadi kebiasaan, baik data-data urusan pekerjaan maupun urusan pribadi atau hobby. Memang praktis dan bergaya, tetapi kebiasaan ini sering menjadi awal malapetaka. Kemalangan terjadi karena semakin banyaknya jenis virus komputer yang ditujukan untuk merusak hampir seluruh data yang ada di dalam flashdisk.
Bukan hanya merusak isi data pada flashdisk, virus-virus ini sekaligus menyerang data yang tersimpan dalam harddisk komputer. Virus ini juga sekaligus dapat merusak sistem operasi komputer. Kalau sudah begitu, dari tingkatan direktur sampai juru ketik semuanya sibuk mencari progam antivirus atau mencari orang yang mampu membersihkan virus sekaligus meyelamatkan datanya.
Walaupun saya menggunakan sistem operasi komputer yang tidak punya banyak virus (linux OSS), tetapi saay juga tetap berhati-hati dalam menggunakan flash disk. Saya selalu mempunyai lebih dari satu flashdisk. Satu buah selalu saya pergunakan untuk keperluan 'copy-mencopy' data dari komputer teman. Flashdisk lainnya saya pergunakan hanya pada komputer pribadi saya di rumah dan tidak pernah dipergunakan untuk urusan kantor. Sampai saat ini (sudah dua tahun) masih aman-aman saja.

No comments: