Wednesday, June 13, 2007

Mari Membaca Buku dengan PDA Phone

PDA phone banyak diminati oleh masyarakat golongan menengah ke atas, baik yang berbasis sistem operasi Windows Mobile maupun dengan sistem operasi lainnya seperti symbian dan linux. Walaupun ukurannya lebih besar dari handhone biasa, tapi dengan membawanya di pinggang seakan dapat menjadi sebuah simbol status sosial. Maklumlah, karena harganya jauh lebih mahal dari handphone dan mempunyai banyak fungsi dan feature seperti time manager, sehingga bisa mengesankan penggunanya adalah orang yang berduit, pintar, eksekutif dan sibuk.

Untuk dapat menggunakan PDA phone secara optimal, pemakai perlu mempelajari manual pengggunaannya, mencobanya dan menekuninya. Kalau tidak serius, biasanya pemakai hanya bisa menggunakannya untuk bertelepon, sms, mencatat dan menjadikannya sebagai kamera saja. Ujung-ujungnya, membawa PDA phone di pinggang dapat hanya sekedar memperoleh gengsi.

Padahal salah satu fungsi penting dari PDA adalah alat untuk membaca buku-buku (e-book). E-book adalah file komputer yang mewujudkan sebuah buku secara elektronis. File-file tersebut dapat dibuka dengan sebuah program aplikasi yang sesuai, sehingga pada layar PDA akan tampak sebuah buku yang bisa dibaca kapan saja dan dimana saja.

Ada banyak jenis format file e-book sesuai dengan program aplikasinya. Misalnya file berkode pdf yang dibaca dengan menggunakan program pdf reader semacam adobe reader, file berkode lit yang dapat dibaca dengan program Microsoft Reader, atau format dokumen portabel secara pdb dan prc.

Dua hal yang perlu dilakukan agar PDA phone dapat berfungsi sebagai buku elektronik adalah dengan menginstalkan program pembaca file e-book ke dalam PDA phone. Setelah itu kita harus mencari file e-book dan menyimpanya dalam memory PDA phone. Setelah itu kita dapat mulai menikmati bacaan tersebut.

Hal penting yang harus diperhatikan jika menggunakan PDA phone untuk membaca adalah ketersediaan tenaga baterai. Perhatikan pemakaian baterai PDA Phone agar tidak kehabisan daya pada saat kita perlu menelepon atau menunggu telepon seseorang. Tentu saja akan lebih baik jika selian menggunakan pDA phone kita juga mempunyai sebuah handphone biasa, sehingga tidak ada masalah jika kehabisan baterai karena membaca.

No comments: