Tuesday, February 10, 2009

Dimana-mana blackberry. Dimana-mana blackberry. Itulah yang saya alami saat pergi rapat-rapat, baik rapat di instansi pemerintah maupun rapat di perusahaan swasta. Bahkan ketika pergi jalan-jalan di Mall pada waktu libur pun orang terlihat sibuk menggunakan blackberry-nya, demikian juga saat datang ke undangan pesta perkawinan.

Blackberry adalah sebuah merek dagang perangkat telekomunikasi berupa smartphone atau PDA-phone yang diterintegrasi dengan sistem operasi (OS) Blackberry. Perangkat ini merupakan produksi perusahaan Research In Motion Limited (RIM) dari Canada.

Sebenarnya Blackberry telah mulai diperkenalkan sejak tahun 1999, tapi saat ini baru menjadi demam di Indonesia. Sejak tahun 2002 mulai beredar Blackberry dalam bentuk smartphone yang mempunyai kemampuan mobile telephone, text messaging, push e-mail, internet faxing dan web browsing. Selain sebagai smartphone Blackberry juga mempunyai kemampuan aplikasi seperti misalnya address, calendar, to-do list dan lain-lainnya sebagaimana layaknya PDA yang lain.

Bentuk khas Blackberry adalah sebuah smartphone lebar dengan layar lebar dan keyboard qwerty yang terintegrasi menjadi satu batang perangkat genggam. Rata-rata perangkat Blackberry mempunyai bentuk tersebut, kecuali misalnya Blackberry Pearl yang mempunyai bentuk seperti handphone batangan pada umumnya.

Selain Blackberry Pearl yang memakai processor PXA 8100, memori 64 MB, kamera 1,3 MP dan koneksi data GPRS, beberapa jenis Blackberry lainnya adalah :

Blackberry Curve ; Intel 312 MHz, 64MB Memory, MicroSD Slot, Bluetooth 2.0, GPS, 2mpx Camera dengan harga di Indonesia sekitar Rp. 4,5 juta s.d. Rp. 6 juta.

Blackberry Javelin ; 512 MHz Processor, 256 MB flash memory, microSD slot, 3.2MP camera, Quadband, Wi-Fi b/g with UMA+GPS, Bluetooth dengan harga di Indonesia sekitar Rp. 7 juta s.d. Rp. 8 juta.

Blackberry Bold ; PXA310 624MHz, 1GB Memory, mSD Slot, Bluetooth, 2.0mpx Camera, WiFi, GPRS/GSM/HSDPA, GPS, Color TFT dengan harga di Indonesia sekitar Rp. 8 juta s.d. Rp. 9 juta.

Sedangkan perangkat dengan spesifikasi tertinggi adalah Blackberry Storm ; Transmissive TFT LCD 480 x 360 pixel, SurePress™ touch screen, 1GB Memory, microSD™ Slot, Bluetooth® v2.0, 3.2 MP Camera, GPRS/GSM/HSDPA, GPS, Media Player

Perangkat ini di Indonesia umunya dijual secara paket dengan layanan operator seluler semisal Indosat dan Telkomsel. Spesifikasi dan feture yang lebih mendetail dapat dilihat pada website Blackberry, yaitu : http://www.blackberry.com (gambar blackberry curve http://phonearea.net)

1 comment:

Runner said...

Di perusahaan tetangga deket taman mini terutama bos-bos di pusat saya sarankan pakai blackberry biar bisa push mail jawabnya cuma geleng2 kepala padahal kalo beli mampu, sementara saya gak mampu beli tapi pengen punya . . . he he . . .